usaha berhasil
Memuat Berita...
Home » » Tahukah Kamu??? Bulan Puasa Momen yang Baik Bagi Si Penderita Maag. Lho!!!

Tahukah Kamu??? Bulan Puasa Momen yang Baik Bagi Si Penderita Maag. Lho!!!

Written By web RSspeedyFM on Selasa, 10 Juli 2012 | 19.56

Bulan Puasa Momen yang Baik Bagi Si Penderita Maag
Bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba, tidak sedikit orang yang khawatir kalau-kalau panyakit maagnya kambuh. Namun, tahukah Anda jika sebenarnya bulan Ramadhan adalah momen yang baik bagi Anda yang memiliki riwayat sakit maag. Kok bisa?  Sebab, puasa justru menata pola makan yang kerap dilalaikan penderita nyeri lambung tersebut.
Sekitar 70 persen penderita maag tak teratur waktu makannnya. Penyakit tersebut dinamakan sakit maag fungsional. Jadi, penderitanya tak perlu khawatir menjalankan ibadah puasa. Dengan berpuasa, sakit maag fungsional akan membaik bahkan sembuh.
Sakit maag fungsional adalah sakit maag yang tidak disertai kelainan pada saluran pencernaan. Itu terjadi karena pola makan tak teratur, hobi konsumsi camilan berlemak, minum kopi atau soda sepanjang hari, merokok, dan stres.
Dokter spesialis penyakit dalam, Ari Fahrial Syam, mengatakan penderita sakit maag fungsional memang sebaiknya berpuasa. Bahkan, salah seorang pasiennya mengatakan ingin berpuasa seumur hidup agar penyakit maagnya hilang.
Jika ada pasien sakit maag dan hasil endoskopi tidak menunjukkan ada kelainan, maka Ari sering menganjurkan pasien tersebut untuk berpuasa.
"Pola makan cenderung lebih teratur saat puasa, yakni saat sahur dan berbuka saja. Mereka juga menghindari camilan tidak sehat yang memicu sakit maag. Yang jelas pada saat sahur dan berbuka harus tetap makan, dan pilihan menu makannya harus yang sehat tentunya," ujar dia.
Selain itu, orang yang menjalankan ibadah puasa biasanya lebih banyak berzikir. Sehingga, pikiran mereka lebih tenang, kondisi lambung pun membaik. Pikiran lebih tenang, kondisi lambung pun membaik.
Ari menandaskan, pasien dengan jenis sakit maag organik masih tetap bisa menjalankan ibadah puasa jika penyakitnya diobati terlebih dahulu. Penelitian menunjukkan, orang yang mengalami luka di lambung namun tetap berpuasa sambil minum obat ternyata tingkat kesembuhan sakit maag lebih besar ketimbang yang sakit maag tapi tidak berpuasa. Namun jika sakit maag organik akibat kanker, memang disarankan tidak berpuasa. (Metrotvnews.com)
Share this article :

1 komentar:

  1. Titanium Sports and Technology
    A titanium cartilage earrings great addition to the existing Sportsbooks titanium nose hoop are our titanium 3d printer advanced Technology, and their Sports, Gaming, where to buy titanium trim and Betting systems include Betting Systems · urban titanium metallic Sports betting systems.

    BalasHapus

 
Support : NextWebsite | Twitter | @100Persen_Ampuh
Copyright © 2012. 100% Ampuh Informasi Musik, Entertainment, Lifestyle & Download Lagu - All Rights Reserved
Powered by spotunik.com